blog post

Motivasi bekerja harus dimiliki sedini mungkin sejak  sebelum siswa SMK lulus sekolah.Upaya  ini penting untuk menumbuhkan motivasi semangat bekerja sejak awal, dengan menumbuhkan kesadaran  tentang pemenuhan kebutuhan dasar bahwa manusia  hidup,secara ekonomi harus bisa mandiri untuk memenuhi kebutuhan hidupnya. Dalam  kehidupan   banyak persaingan,kita harus kompetetif  berdaya saing supaya kita menang , bagaimana caranya ? salah satunya ialah dengan bekerja dan berprestasi.

Lebih lanjut, perlunya perubahan mindseat budaya instan yang tidak mau bekerja keras. Sementara realitanya, lapangan kerja makin sempit, perlu kompetisi sehingga dibutuhkan keahlian yang lebih spesifik. Selain itu perlu disadari bahwa realitanya bekerja di manufacturing prosesnya makin ketat persaingannya dan makin sulit,dan polanya  ialah magang serta kontrak yang memiliki jangka waktu  tertentu.

Sehingga harus disiasati untuk menghadapi masa habis kontrak. Dalam posisi ini peran sekolah berperan mendampingi siswa untuk memberikan  sosialisasi pola belajar  dan mencari target kerja sebagi teknisi supaya lebih berjangka panjang dan bisa dilakukan sepanjang hayat ( lebih fleksibel tanpa terkendala kontrak ).

Pola sekolah akan  melakukan pendekatan model pembelajaran  dengan sinkronisasi kurikulum, seperti yang sudah dilakukan misalnya  Kerjasama TAV dengan Teknisi Funworld dengan menjadi kelas binaaan , Jurusan   TSM  dengan PT.Yamaha  dll.

Selain memberikan  kuliah umum ,kepada  225 para siswa  jurusan TKR, dalam  acara Akselerasi Perubahan Mental  kepada siswa bersama PT United Tractors Tbk, yang diselenggarakan   tanggal 9/10/2018 di ruang   Aula SMK Ma'arif NU 1 Ajibarang.  Dalam  kunjungan tersebut Dimas Aryo Wicaksono,CSR dari United Traktor Jakarta,juga memberikan bantuan satu buah Laptop serta sekitar 50 buku literatur  tentang modul  teknik alat berat.

Sebagai  SMK  rumpun teknologi di daerah, SMK Ma'arif NU 1 Ajibarang, bertekad untuk ikut serta memberikan solusi  kebutuhan  SDM  bidang teknologi  alat berat yang akan menunjang  kemajuan  pembangunan  di daerahnya. Sebagai langkah awal ,sekolah ini telah menjalin kerjasama   dengan berbagai DU/DI   yang berkomitmen terhadap kemajuan teknologi di daerah. Salah satunya ialah dengan  PT United Tractors Tbk. Penjajagan  ini  sudah dilakukan dengan menghasilkan beberapa langkah diantaranya ialah,wacana pendirian jurusan Teknik Alat Berat yang akan dilakukan sekolah.

Menurut kepala   SMK Ma'arif NU1   Ajibarang,Zainudin,S.Pd,M.Si, mengharapkan agar tahapan langkah ini menjadi   bagian implementasi dari upaya  pendirian  jurusan baru Teknik Alat berat yang siap akan dibuka . Mengingat kesedian sekolah untuk menyelenggarakan  jurusan ini sudah didukung oleh SDM  dari para pengajar yang sudah  mumpuni di bidangnya. Lebih Lanjut secara prospek pembukaan jurusan ini masih disebut langka,sementara kebutuhan terhadap SDM jurusan ini cukup tinggi ,apalagi dengan upaya  pembangunan daerah yang kini makin gencar dilakukan. Sehingga  sangat membuka peluang ke depan kiprah lulusan SMK jurusan teknik alat berat.

Wacana ini selaras dengan program mendikbud yang menyatakan,Revitalisasi SMK bertujuan untuk mengubah pola pikir yang sebelumnya hanya bertujuan untuk mencetak lulusan saja tanpa memperhatikan kebutuhan pasar kerja berganti menjadi paradigma mencari segala sesuatu yang berhubungan dengan pasar kerja. Demikian  seperti yang dikatakan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan (Mendikbud) Muhadjir Effendy bersama dengan Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan  dalam  acara pencanangan implementasi revitalisasi SMK Provinsi DKI,Sabtu, 30 Juni 2018 lalu. Lebih lanjut menurut Mendikbud , Implementasi Revitalisasi SMK ini untuk meninjaklanjuti Instruksi Presiden No. 9 Tahun 2016.

Sementara menurut Subur Topoprikhanto, S.T, moderator acara dan staf pengajar senior di jurusan TKR, program kemitraan  DU/DI dengan PT United Tractors Tbk ini,diharapkan akan berjangka panjang sehingga akan mampu menjembatani kebutuhan pendidikan jurusan Teknik  Alat Berat serta memfasilitasi untuk pengembangan selanjutnya di sekolah dalam jangka panjang ( Mohamad AB /ltbgypp).